Pengaruh Penerapan Gaya Mengajar Komando Terhadap Peningkatan Gerak Dasar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa SMP N 4 Ratahan
DOI:
https://doi.org/10.62027/praba.v3i2.395Keywords:
command style, motor skill, physical education, underhand passing, volleyballAbstract
This study aims to investigate the effect of the command teaching style on the improvement of underhand passing skills in volleyball among eighth-grade students at SMP Negeri 4 Ratahan. A quantitative experimental method was used with a pretest-posttest control group design. Twenty students were randomly divided into an experimental group, which received instruction using the command teaching style, and a control group that received no special treatment. Data were collected through performance tests before and after the intervention and analyzed using t-tests. The results indicated a significant improvement in the underhand passing skills of students taught using the command style compared to those in the control group. These findings suggest that the command teaching style is effective for improving basic motor skills that require precision and consistency, such as underhand passing in volleyball. The results provide useful insights for physical education teachers seeking structured and effective instructional strategies to enhance technical skills in sports.
References
Batseran, T. F., & Kumenap, E. E. (2024). Pengaruh penerapan gaya mengajar komando terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMA Negeri 1 Tondano. Jurnal Praba, 5(1), 44–53. https://journal.stikescolumbiasiamdn.ac.id/index.php/Praba/article/view/291.
Dunggio, N., & Mautang, T. W. E. (2024). Pengaruh gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap gerak dasar passing bawah pada permainan bola voli SMA Negeri 1 Tompaso. Jurnal Keolahragaan dan Rekreasi, 6(2), 88–96. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/olympus/article/view/9445.
Jhon, M., Mandagi, H. S., & Sunkudon, D. (2021). Pengaruh penerapan gaya mengajar latihan terhadap penguasaan keterampilan gerak dasar dalam passing bawah pada permainan bola voli. Physical, 5(2), 56–62. https://www.neliti.com/publications/520697.
Komariah, N. (2017). Pengaruh gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar passing atas bolavoli. E-Jurnal Pendidikan Mutiara, 4(1), 55–64. https://www.ejurnal.stkipmutiarabanten.ac.id/index.php/jpm/article/view/11.
Lengkong, J., & Lolowang, D. (2021). Pengaruh gaya mengajar latihan terhadap penguasaan gerak dasar passing bawah pada permainan bola voli. Physical: Journal of Physical Education, 3(1), 32–38. https://www.academia.edu/download/114362920/476.pdf.
Lengkong, J., Rahasia, M. S., & Sengkey, J. (2021). Pengaruh gaya mengajar komando terhadap gerak dasar servis atas pada permainan bola voli. Physical: Journal of Physical Education, 3(2), 20–26. https://www.neliti.com/publications/346693.
Mangindaan, J. J. (2023). Pengaruh gaya mengajar latihan terhadap kemampuan pasing atas dalam permainan bola voli pada siswa SMA Negeri 1 Amurang. Jurnal STOK Bina Guna, 5(3), 41–49. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JSBG/article/view/1145.
Manampiring, P. E., & Lengkong, J. (2025). Pengaruh penerapan gaya mengajar latihan terhadap keterampilan gerak dasar pada passing bawah bola voli siswa SMP Negeri 4 Tondano. Jurnal Praba, 6(1), 27–33. https://journal. stikescolumbiasiamdn.ac.id /index.php/Praba/article/view/321
Nugraha, U., & Yuliawan, E. (2021). Meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli melalui pendekatan gaya mengajar latihan dengan menggunakan audio visual. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 9(2), 45–51. https://www.academia.edu /download/81783254/pdf.pdf
Pasaribu, A. M. N. (2020). Pengaruh gaya mengajar dan motivasi belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMP kelas VIII. Jurnal SPORTIF: Penelitian Pembelajaran dan Pendidikan Jasmani, 6(1), 65–72. http://ojs.unpkediri.ac.id /index.php/pjk/article/view/510
Pasaribu, A. M. N. (2021). Pengaruh gaya mengajar dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar passing bawah dalam bola voli. Disertasi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. http://repository.ubharajaya.ac.id/18425/1/desertasi%20natas%20full.pdf
Pamungkas, F. A., & Wibowo, S. (2020). Pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap keterampilan bermain bola voli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 8(3), 120–128. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/ 37427
Pradipta, G. D., & Susanto, A. (2021). Pengaruh latihan drill untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli pada kegiatan ekstrakurikuler. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 9(1), 15–22. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article /view /34531
Purba, R. G., Tarigan, H., & Manalu, I. C. (2025). Pengaruh gaya mengajar self check dan bantuan rekaman video terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna, 7(1), 10–18. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id /index.php/JSBG/article/view/3730
Sulistiadinata, H. (2020). Meningkatkan keterampilan passing atas bola voli melalui media pembelajaran menggunakan alat bantu. Journal of Physical and Outdoor Education, 4(2), 33–39. https://jpoe.stkippasundan.ac.id/index.php/jpoe/article/view/60
Winata, D. C. (2019). Pengaruh gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar passing atas dalam bola voli pada siswa kelas VII SMP Swasta Amal Bakti Medan. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna, 5(2), 49–56. https://jurnal.stokbinaguna .ac.id/index.php/JSBG /article/view/161.
Lutan, R. (2019). Strategi Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Samsudin, A. (2020). Dasar-dasar Gerak dan Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryobroto, B. (2021). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Praba : Jurnal Rumpun Kesehatan Umum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.