Analisis Pemberdayaan Ibu dalam Melakukan Skrining Perkembangan Anak Mengggunakan Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)

Authors

  • Hardianty Nurul Fadyah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang
  • Rita Yulifah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang
  • Dwi Yuliawati Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang

DOI:

https://doi.org/10.62027/praba.v3i3.507

Keywords:

Child Development, Golden Age, KIA Book, Mother Empowerment, Stimulation

Abstract

In toddlerhood, child development is an important period (golden age), because at that time there is a basic development that runs rapidly so that it can influence and determine the child's future development. The use of the KIA (Maternal and Child Health) book by parents of toddlers in stimulating child development has not been implemented optimally. The purpose of this study was to analyze the empowerment and skills of mothers in conducting child development screening using the KIA (Maternal and Child Health) book at Kartika IV - 41 Kindergarten and Melati 1 PAUD Post, Kesatrian Village, Malang City. The research design used descriptive analytic with a cross-sectional approach, sampling technique using purposive sampling with a total of 77 respondents who had children attending Kartika IV - 41 Kindergarten and Melati PAUD Post. Data collection using a maternal empowerment questionnaire and a skills observation sheet. The results of the statistical test using the Spearman Rank test showed that the ρ value was (0.000). The proposed research hypothesis is an alternative hypothesis, where, Ha: ρ ≠ 0. Which shows that maternal empowerment contributes to maternal skills in conducting independent child development screening using the KIA book for children attending PAUD Melati 1 Post and Kartika IV – 41 Kindergarten, Kesatrian Village, Malang City.

References

Abdillah, P. P. (2020). Pengaruh pemberian pelatihan bantuan hidup dasar terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada siswa SMKN 1 Geger Madiun. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Adventus, I. J., & Mahendra, D. (2019). Buku ajar promosi kesehatan. Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Vokasi UKI, Universitas Kristen Indonesia.

Alanda, S., dkk. (2020). Kuliah kerja nyata dari rumah berbasis pemberdayaan masyarakat (pp. 1–265). LP2M UIN SGD Bandung. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=1k0bEAAAQBAJ

Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Dzul, I. H., & Sulistyaningsih, A. (2019). Pemanfaatan informasi tentang balita usia 12–59 bulan pada buku KIA dengan kelengkapan pencatatan status gizi di buku KIA. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.24853/jkk.15.1.1-9

Fatmawati, T. Y., Ariyanto, A., Efni, N., & Asparian, A. (2023). Edukasi pada ibu tentang pemantauan tumbuh kembang anak. Jurnal Abdimas Kesehatan, 5(3), 546–551. https://doi.org/10.36565/jak.v5i3.574

Friscila, I., Wijaksono, M. A., Rizali, M., Permatasari, D., Aprilia, E., Wahyuni, I., & Ayudita, A. (2023, Januari). Pengoptimalisasi penggunaan buku KIA pada era digital di wilayah kerja Puskesmas Kandui. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 2(1), 299–307.

Hairudin, L. P. (2022). Pemberdayaan masyarakat. PT Global Eksklusif Teknologi.

Hardiyanti, Y., Parulian, T. S., & Sihombing, F. (2022). Peran orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget pada anak usia sekolah selama pandemi Covid-19. Carolus Journal of Nursing, 4(1), 67–81. https://doi.org/10.37480/cjon.v4i1.91

Hasbi, M., Wijayanti, G. S. P. W., Jafar, S. R., Purnamawati, D., Zulkifli, Z., Sentana, A. D., & Mufida, N. A. (2024). Peningkatan keterampilan ibu dalam memantau perkembangan batita dan deteksi dini stunting menggunakan simulasi game Jumanji flash card. Bima Nursing Journal, 5(2), 127–136. https://doi.org/10.32807/bnj.v5i2.1550

Hendrawati, S., Mardhiyah, A., Mediani, H. S., Nurhidayah, I., Mardiah, W., Adistie, F., & Maryam, N. N. A. (2018). Pemberdayaan kader posyandu dalam stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang (SDIDTK) pada anak usia 0–6 tahun. Media Karya Kesehatan, 1(1), 39–158. https://doi.org/10.30587/ijpn.v3i2.4920

Hutagalung, S. S. (2022). Buku ajar: Partisipasi dan pemberdayaan sektor publik. Literasi Nusantara Abadi.

Imam, J., Fitriani, R., & Bustami. (2018). Perlindungan hak anak terhadap pemberian air susu ibu (ASI). Deepublish.

Imas, M. N. A. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Mariyani, D. (2019). Pemberdayaan masyarakat. Deepublish.

Maryati, S., & Yanti, D. (2022). Pengaruh penggunaan buku KIA dan konseling terhadap pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan bayi dan balita.

Monalisa, M., Nomiko, D., & Ekawati, F. (2023). Pengaruh modifikasi positive parenting program terhadap keterampilan mindful orang tua dalam pengasuhan anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 285–296. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.316

Notoatmodjo. (2018). Metodologi penelitian kesehatan (Cet. ke-3). PT Rineka Cipta.

Nugroho, R. (2018). Public policy. PT Elex Media Komputindo.

Nurdiantami, Y., Shabriyyah, N. F., Riyanti, F. D., Muhammad, R. F., & Muhayati, D. A. (2022). Hubungan karakteristik ibu dengan sikap responsif anak. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.7454/epidkes.v6i1.5990

Nursalam. (2020). Metode penelitian ilmu keperawatan: Pendekatan praktis (Edisi ke-5). Salemba Medika.

Puspita, L., & Umar, M. Y. (2020). Perkembangan motorik kasar dan motorik halus ditinjau dari pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4–5 tahun. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 121–126. https://doi.org/10.30604/well.80212020

Rambe, N. L., & Sebayang, W. (2020). Pengaruh kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP) terhadap peningkatan kepatuhan ibu dalam pemantauan perkembangan anak. Journal of Health Studies, 4(1), 79–86. https://doi.org/10.31101/jhes.1016

Rizki, A. N. (2024). Hubungan antara pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan tingkat perkembangan anak usia 4–6 tahun di TK Aisiyah Bustanul Athfal Desa Pagejugan [Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang].

Sugiyono. (2021). Statistika untuk penelitian (Edisi ke-2). Alfabeta.

Sutini, T., Apriliawati, A., Astuti, M. A., Primadani, A. K., Gusniani, A. H., Ibrahim, M. M., & Pratama, L. (2023, November). Pemberdayaan orang tua dalam stimulasi dan skrining perkembangan anak usia prasekolah berbasis aplikasi KPSP Pro di RA Jami'atul Khoir. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Syapitri, H., Amila, & Aritonang, J. (2021). Metodologi penelitian kesehatan. Ahlimedia Press.

Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Wawan, A., & Dewi, M. (2016). Teori & pengukuran pengetahuan, sikap, dan perilaku manusia. Nuha Medika.

World Health Organization. (2018). Reducing stunting in children: Equity considerations for achieving the Global Nutrition Targets 2025. World Health Organization.

Yunus, S., dkk. (2017). Model pemberdayaan masyarakat terpadu (Vol. 31, Issue 2). Bandar Publishing.

Downloads

Published

2025-09-22

How to Cite

Hardianty Nurul Fadyah, Rita Yulifah, & Dwi Yuliawati. (2025). Analisis Pemberdayaan Ibu dalam Melakukan Skrining Perkembangan Anak Mengggunakan Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Jurnal Praba : Jurnal Rumpun Kesehatan Umum, 3(3), 105–117. https://doi.org/10.62027/praba.v3i3.507

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.