Pengaruh Penyuluhan Media Puzzle Tentang Konsumsi Sayur Dan Buah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Sikap Dan Tindakan Siswa Di SD Negeri Arul Cincin Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh

Authors

  • Inike Ipak Kuine Institut Kesehatan Helvetia
  • Athira Demitri Institut Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.62027/praba.v2i`1.68

Keywords:

Influence, Puzzle Media, Vegetable and Fruit Consumption, Knowledge, Attitude, Action

Abstract

Not consuming enough fruit and vegetables can result in the body experiencing a lack of nutrients such as vitamins, minerals and fiber, which can lead to various diseases. Objective The aim of the research is to determine the success of the influence of puzzle media education on vegetable and fruit consumption on increasing students' knowledge and actions at SDN Alur Cincicn, Pintu Rime Gayo District, Bener Meriah Regency, Aceh Province. Method uses a quasi-experiment with a one group pre-test approach, a design test, namely measurements carried out before and after the intervention to see the results of changes. The score obtained from the attitude pre-test was 3.77 and the average post-test score was 7.87. The score obtained from the pre-test action regarding vegetable and fruit consumption was 6.67 and the average post-test score was 9.00. It is hoped that the school will collaborate with the Health Service and the nearest Community Health Center to pay more attention to the importance of nutrition education in schools to help increase students' knowledge about the importance of consuming fruit and vegetables as part of efforts to improve the quality of students at regional and national levels.

 

 

References

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta; 2019.

Yankes Kemkes. Manfaat Mengkonsumsi Buah dan Sayur. http://yakes.kemenkes.go.id. 2022;

Nasution N. Pengaruh Penyuluhan Konsumsi Buah dan sayurterhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswasdnegeri 200302 Kecamatan Batunaduakota Padangsidimpuantahun 2018. 2018;

Nasution N. Pengaruh Penyuluhan Konsumsi Buah dan Sayur Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SD Negeri 200302 Kecamatan Batunadua Padangsidempuan. Naskah Publ STIKES Aufa Royhan Kota Padangsidempuan. 2018;

Anggarani Prihanti Ningsih, Istikoma. Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Konsumsi Serat Buah Dan Sayur Pada Remaja Sma Uswatun Hasanah Jakarta - Timur. J Ilm Kesehat. 2018;4(1).

Nirmala Devi. Detection of Malicious Circuitry Using Transition Probability Based Node Reduction Technique. Universitas Ahmad Dahlan; 2018.

Kementerian Kesehatan RI. Riskendas 2018. Lap Nas Riskesndas 2018 [Internet]. 2018;44(8):181–222.

Desi D; Mesyamtia B; Ginting M. Pendidikan Gizi Melalui Permainan Wayang Terhadap Peningkatan Konsumsi Sayur dan Buah. J Vokasi Kesehat. 2018;23–7.

Palupi KC; Sa’pang M; Swasmilaksmita PD. Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar Di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. J Pengabdi Masy Abdimas. 2018;

Safitri YL, Sulistyowati E, Ambarwati R. Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Media Puzzle Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Sayur Dan Buah Pada Anak Sekolah Dasar. J Nutr Coll. 2021;10(2):100–4.

Sandu Siyoto; Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing; 2015.

Muh. Daud; Dian Novita Siswanti; Novita Maulidya Jalal. Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media; 2021.

Oktafiani H, Sunarti S. Pengaruh Media Puzzle Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang pada Siswa Kelas IVdi SD Negeri 001 Samarinda Seberang. Borneo Student Res [Internet]. 2020;1(2):724–9.

Nasution AS, Nasution A. Puzzle Gizi sebagai Upaya Promosi terhadap Perilaku Gizi Seimbang pada Siswa. Media Kesehat Masy Indones. 2020;16(1):89.

Setiawati S, Sulastri T, Dermawan AC, Ningsih R. Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Orang Tua tentang Gizi Anak. Jkep. 2023;8(1):1–14.

Sofianita NI, Meiyetriani E, Arini FA. Intervensi Pendidikan Gizi Seimbang terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Anak-Anak Sekolah. J Kedokt Dan Kesehatanedokteran Dan Kesehat. 2018;14(3).

Nikmah AK, Suryanti. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Sumber Energi (Puber Egi) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Krian 3 Sidoarjo. J Penelit Pendidik Guru Sekol Dasar [Internet]. 2018;Vol 6 No 8:1448–57.

Dwi Muharni. Penerapan Strategi Gambar Acak (Puzzle) Dalam Pembelajaran Fiqih Dan Pengaruhnya Terhadap Keaktifan Siswa Kelas II Di MTs.N.I Sungai Apit. 2010; Available from: ???

Belgis Aulia Az Zahra. Implementasi Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX DI SMPN 1 Ambulu. 2023.

Choiriyah U, Kasjono HS, Yamtama Y. Penggunaan Puzzle Sebagai Media Penyuluhan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Mitigasi Bencana Kebakaran Bagi Tenaga Kerja Di Industri Dipo Bakery Bantul Yogyakarta. Ruwa Jurai J Kesehat Lingkung. 2023;17(1):18.

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

Inike Ipak Kuine, & Athira Demitri. (2024). Pengaruh Penyuluhan Media Puzzle Tentang Konsumsi Sayur Dan Buah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Sikap Dan Tindakan Siswa Di SD Negeri Arul Cincin Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh. Jurnal Praba : Jurnal Rumpun Kesehatan Umum, 2(`1), 47–57. https://doi.org/10.62027/praba.v2i`1.68