TANTANGAN DAN PELUANG PENGGUNAAN JKN DI INDONESIA

Authors

  • Dela Andika Ahmadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rifa Annisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Revail Refiana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sri Hajijah Purba

DOI:

https://doi.org/10.62027/vitamedica.v3i1.258

Keywords:

Peluang, Penggunaan, JKN, Tantangan

Abstract

Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia menghadapi berbagai tantangan, termasuk kurangnya pemahaman masyarakat dan masalah keuangan yang dihadapi BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan peluang dalam penggunaan JKN, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama meliputi kurangnya sosialisasi, kesenjangan akses layanan kesehatan, dan masalah finansial. Meskipun demikian, terdapat peluang signifikan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui partisipasi masyarakat dan pemanfaatan teknologi, seperti aplikasi Mobile JKN. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC), dibutuhkan inovasi dalam pengelolaan mutu layanan dan perbaikan sistem operasional. Saran yang diberikan mencakup peningkatan sosialisasi, penguatan infrastruktur kesehatan, dan peningkatan distribusi tenaga medis agar akses layanan kesehatan dapat merata dan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat.

References

Abidin, Z., Syahmardi Yacob, & Edward. (2022). Kualitas Layanan Mobile Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Memilih Layanan Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Bpjs Kesehatan Kota Jambi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 845–896. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5.984

Angelita, M., Lukman, S., & Tahir, I. (2022). Inovasi Dan Efektivitas Pelayanan Melalui Mobile Jkn Pada Bpjs Kesehatan Di Jakarta Selatan. Medium, 9(2), 292–305. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).10073

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. 2017. Akses Pelayanan Dalam Genggaman BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Mobile JKN Banyak Manfaat 73 dan Mudahkan Peserta JKN-KIS [on line]. Dari: http://bpjskesehatan.go.id/bpjs /[13 Januari 2019]

Burhanuddin, N. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa. Jurnal Mkmi, 12(1), 41–46. https://journal.unhas.ac.id/index.php/perennial/article/view/552

Ernawati, F. (2015). Evaluasi Kelayakan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Fktp) Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Berdasarkan Aspek Kredensialing. Skripsi, 121. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/65655/072110101038-Fatma Ernawati.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Pisani, E., Kok, M. O., & Nugroho, K. (2017). Indonesia’s road to universal health coverage: A political journey. Health Policy and Planning, 32(2), 267–276. https://doi.org/10.1093/heapol/czw120

Retnaningsih, H. (2018). Kendala Pencapaian Target Kepesertaan Program JKN-KIS. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 10(1).

Shepherd, M. E., & Hines, D. (2024). Metro Nashville Public School Promotes Health Equity Through Employee Benefits Plans. American Journal of Health Promotion, 38(3), 440–443. https://doi.org/10.1177/08901171241232057e

Sumiati, Dinata, A, S., & Agustina, D. (2023). 14880-Article Text-52998-1-10-20230721. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Era Jaminan Kesehatan Nasional, 4(September), 2714–2718.

Tan, SY, & Qian, J. (2019). Konsekuensi yang tidak diharapkan dari reformasi pembayaran penyedia layanan: Kasus hibah kapitasi dalam reformasi Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia. Jurnal Internasional Perencanaan dan Manajemen Kesehatan , 34 (4), e1688-e1710.

Ulandari, & Indrayanthi. (2016). Jurnal Kesehatan Masyarakat J-Kesmas Jurnal Kesehatan Masyarakat. Pelaksanaan Kredensial Kesehatan Tingkat Pertama Fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) KESEHATAN DENPASAR, 4(1), 44–47.

Yuliana, N., Setiawan, H., & Damayanti, N, A. (2020). Penerapan Sistem Jaminan Kesehatan Nasional Pada Pelayanan Kebidanan Dan Neonatal, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Dela Andika Ahmadi, Rifa Annisa, Revail Refiana, & Sri Hajijah Purba. (2024). TANTANGAN DAN PELUANG PENGGUNAAN JKN DI INDONESIA. VitaMedica : Jurnal Rumpun Kesehatan Umum, 3(1), 85–92. https://doi.org/10.62027/vitamedica.v3i1.258