PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN PERSADA NABIRE

Authors

  • Syarifah Adriana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Persada Nabire
  • Purnama Ramadhani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Persada Nabire
  • Enjelika K Demetouw Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Persada Nabire

DOI:

https://doi.org/10.62027/sevaka.v3i1.286

Keywords:

Pengabdian kepada masyarakat, keterampilan berbahasa Inggris, small group Discussion

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa universal. Bahasa Inggris digunakan dalam komunikasi global. Di era globalisasi saat ini, bahasa Inggris sangat penting peranannya dalam menunjang kompetensi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik dan untuk memudahkan meningkatkan karir di masa depan. Akan tetapi, pada kenyataannya masih banyak mahasiswa khususnya mahasiswa program studi Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Persada Nabire yang memiliki keterampilan berbahasa Inggris masih rendah. Untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam mempelajari bahasa Inggris, khususnya pada mahasiswa program studi Gizi STIKes Persada Nabire, maka dirasa penting untuk dilaksanakan pengabdian dengan mengambil tema “Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Dengan Metode Small Group Discussion di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Persada Nabire”. Metode pembelajaran small group discussion dipilih untuk dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris dan mampu bekerja sama dengan mahasiswa lainnya dalam memecahkan permasalahan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah di lakukan pada bulan Juni 2024 di Laboratorium STIKes Persada Nabire. Jumlah peserta pada kegiatan pengabdian ini yaitu sebanyak 37 orang mahasiswa program studi Gizi angkatan 2022/2023. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar bahasa Inggris sehingga dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris mahasiswa program studi Ilmu Gizi STIKes Persada Nabire.

References

Andayani, E S. 2022. The Importance of Learning and Knowing English in Higher Education in Indonesia. Research and Development Journal of Education, Vo.8, No.1, page 372-379.

Ariastuti, Wahyuddin dan Maryadi. 2014. Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual di SMP Negeri 1 Klaten. Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra, Vol. 26, No.1, 32-41.

Herawati, Retno dan Febi. 2021. Hubungan Motivasi dengan Minat Belajar Bahasa Inggris pada Siswa-Siswi di MA Al- Istiqomah Kabupaten Tangerang tahun 2020. Nusantara Hasana Journal, Vo..1, No.2, hal. 46-55.

Hulaifah, N B. 2019. Kecemasan Berbahasa Inggris pada Mahasiswa. Buletin Jagadditha, Vol. 1 No.2 e-ISSN 2656-0089.

Ismail, Arif. 2008. Model-model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri S & Nadia. 2018. Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Reka & Syahru. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Small Group Discussion (SGD) pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keaktifan Berbicara Siswa Kelas V MIN 4 Bone. MARAJA (Madrasah Ibtidaiyah Research Journal) Volume 1, Number 1, Tahun 2023, pp. 1-5.

Sari N N, Zahra dan Aulia. 2024. Pentingnya Bahasa Inggris pada Era Globalisasi. Karimah Tauhid, Volume 3 Nomor 3, e-ISSN 2963-590X.

Teflah A & Alhayyani Muneera. 2021. Factors Affecting English Language Learning Process. International Journal of Social Science and Humanities Research ISSN 2348-3164 (online) Vol. 9, Issue 2, pp: (340-345).

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Syarifah Adriana, Purnama Ramadhani, & Enjelika K Demetouw. (2025). PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN PERSADA NABIRE. Sevaka : Hasil Kegiatan Layanan Masyarakat, 3(1), 23–29. https://doi.org/10.62027/sevaka.v3i1.286